firaldiakbarzulkarnain

Just another WordPress.com site

ARTI NAMA

leave a comment »

ARTI NAMA

Nama adalah pengetahuan pertama yang kita tahu saat pertama kita mengerti bahasa. Waktu kecil pasti pertanyaan pertama yang ditanyakan orang kepada kita adalah “ siapa namanya de?” “ umurnya berapa?”, “sekolahnya dimana?”. Baru setelah itu akan ada pertanyaan kedua yang level kesulitan dalam menjelsakannya lebih sulit yaitu “ Pinter ga disekolahnya?” “ Orang tuanya kerja apa?”. Sampai pada pertanyaan yang lebih sulit lagi dan cendrung dapat membuat sebuah penilaian terhadap kita yang masih kecil, “ udah punya pacar atau belum?” hehehhe…

Itu kira kira pernyataan dan permulaan yang tepat ketika saya berfikir tentang arti nama. Bicara mengenai arti nama saya juga sempat bertanya apa sih arti nama saya dan seberapa besar dia memberikan arti dalam kehidupan saya. Saya diberikan nama Muhammad Firaldi Akbar Zulkarnain. Muhammad diambil dari idola dan junjungan nabi akhir zaman yang sungguh penuh dengan kemuliaan. Ayah dan ibu saya menamakan ini biar saya selalu sadar bahwa beliau mengharapkan saya dapat meneladani apa apa yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Kadang kadang saya berfikir bahwa menyandang nama Rasulullah itu sangat berat dan sangat sulit karna segala tindakan yang kita lakukan akan selalu dikaitka dengan nabi yang menjadi teladan oleh seluruh manusia di muka bumi ini.

Nama saya di penggalan yang kedua adalah Firaldi awalnya saya sendiri bingung apa sebenarnya arti dari Firaldi karna, karna di kamus bahasa arab kata Firaldi itu tidak ada. Setelah saya tanyaka kepada ayah saya barulah saya tahu. Ayah saya yang pada saat saya dilahirkan sedang menjalani kuliah tentang filsafah politik itu sering menggunakan singkatan singkatan yang membentuk sebuah arti: Fi = Firasat, Al= Akal, Di = Budi. Jadi jika disambuangkan Firaldi adalah singkatan dari Firasat Akal dan Budi. Jadi dalam nama ini terdapat sebuah harapan terjadinya sebuah sinergi besar antara hati dan pikiran dan membentu pribadi yang kokoh yang tahu kapan menggunakan akal dan intuisi yang juga diselimuti oleh budi.

Sedangkan yang ketiga adalah Akbar, Akbar adalah tanda kebesaran. Biasanya kata Akbar selalu diikuti dengan tanda kebesaran Allah SWT. Sedangkan kata Zulkarnain diambil  dari nama kakek saya. Zulkarnain sendiri banyak digunakan oleh orang ornag besar pada zamannya. Contohnya adalah Iskandar Zulkarnain. Beliau adalah seorang raja besar yang digelari nama Zulkarnain yang artinya memiliki dua tanduk.

Advertisements

Written by firaldiakbarzulkarnain

March 14, 2011 at 4:40 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: